Cara download Video Clip di YouTube

youtube01

Malam ini gw ga bisa tidur, karena tadi sore dah cukup puas molor. Sambil ngisi waktu luang di depan Lapnyop inventaris dari kantor, gw coba berbagi secuil ilmu dan mungkin bagi para senior blogger atau hacker atau programmer hal seperti ini dah dianggap basi kale…! Tanpa mengurangi rasa hormat kepada mereka, permisi (kulo nuon) kulo bade marengi wejangan utk para pemula mengenai cara mendownload koleksi video dari YouTube.com.

Apa itu YouTube ?
Ayo rekan-rekan pemula, kita belajar dari sekarang jangan kenal dan putus asa. Anda tahu apa itu YouTube ? Bagi yang pemula pasti menjawab : “Belum Pak…!!!”. Ok, kita bahas. YouTube menurut pengertian dari saya adalah sebuah situs yang menyediakan wadah bagi para neter (orang yg suka ngenet) atau bahasa mudahnya para pengguna peselancar internet untuk mengupload, mendownload, atau saling berbagi (sharing) koleksi video mereka. Baik itu video musik, dokumentasi, kreasi pribadi atau rekaman dari hp sekalipun. Anda bisa menjadi member-nya (gratis ga usah bayar),
setelah terdaftar anda bisa mengupload video (kegiatan mengisi atau mengirim data ke server atau gudangnya penyimpanan data). Istilah lainnya numpang nitip data, anda bisa membuat album video anda dan kalo anda ingin membagikannya kepada teman kasih aja link location (tautan-nya) ke teman anda biar sekalian pamer gitu…he..he..
Warning : Tolong jgn upload Video yang merusak moral atau mengandung provokasi, please.

Wah, jadi keasyikan curhat. Gw ceritain sedikit pengalaman, trus terang gw senang ama yang namanya Music video clip. Gw sempat dikasih tau teman : “Klo mau download video Clip ke situs http://www.youtube.com aja”, semangat gw berkobar-kobar langsung nyaut : “O ya.., emang bisa download gratis?”. Teman gw : “Iya, serius cobain deh!”. Tanpa ragu gw ngajak teman lainnya untuk melucur ke warnet dengan semangat 45, langsung gw buka youtube dan ternyata benar banyak kumpulan video clip gratis. Tapi, ada tapinya nih … gw coba berkali-kali untuk mendownload, eh malah ga bisa. Biasa nya klo di situs lain selalu menyertakan kata “Download” di dekat file yang akan kita ambil tapi suer ini ga ada. Bingung dan jadi pusing, akhirnya gw pulang dengan tangan kosong. Keesokan harinya ketemuan lg dgn teman gw dia
bertanya : “Gmana sukses download videonya?”.
Gw jawab : “Ga bisa, gw ga tau caranya download dan kayaknya ga bisa di download deh.”
Jawab teman : “Emang kmu ga pake YouTube Downloder?”.
Gw : “Sopware apaan ntuh?” (sambil garuk kepala)
Jawab teman : “Eh bego, sampai kiamat klo lu ga pake tu software mana bisa!”
Gw : “Ehm, gitu. Nyesel, padahal gw dah bawa disket untuk nyimpen video yang bisa di download”
Jawab teman : “Aze gile, lu mau nyimpan video clip di disket. Bisa jebol tuh disket, ada-ada aja .. hua.. ha..ha..” (dia sambil tertawa mengejekku).
Gw : “Au..ah, namanya juga gaptek. Wajarkan ?” (dengan polos gw menjawab)

Sebelum cerita ini terjadi pada anda sekalian, saya akan mencoba memberikan penjelasan langkah demi langkah bagaimana cara mendownload video dari
YouTube.com :

1. Download software youtubedownloader.exe, klik di sini..!
2. Install software youtube downloader dan ikuti perintah install-nya pada komputer anda (komputer yang anda gunakan untuk browsing).
Jika anda ke warnet jgn lupa siapkan USB Flashdisk min. 512MB, yang sudah terisi software youtube downloader. Tujuannya jaga2 klo komputer di warnet belum terinstall software tersebut dan untuk menyimpan video yang berhasil didownload.
3. Setelah anda melakukan proses install (telah selesai), jalankan programnya. Klik “Start” menu > All Programs > YouTube Downloader > YouTube Downloader. Seperti pada gambar 1.

yd02
4. Akan muncul jendela YouTube Downloader (lihat gambar 2.)
5. Bukalah Internet Explorer atau Mozilla Firefox, atau klik link ini www.youtube.com
6. Bila anda sudah mendapat video yang anda inginkan, select and “copy” alamat url-nya. Biasanya tertera disamping gambar member yang telah mempublikasikan video tersebut. Lihat gambar dibawah

yd04

7. Kembali ke jendela YouTube Downloader, Klik check box “Download Video from YouTube” > Masukkan url video (klik kanan paste) yang telah kita copy sebelumnya > tekan “OK”. Tunggu beberapa saat hingga proses download selesai.

yd03

8. Ulangi step 7 dan 8, bila ingin mendownload kembali video yang lain.

Mudah bukan, seperti kata pepatah “ala mudah karena biasa” yang artinya segala sesuatu bila lakukan terus menerus pasti menjadi lebih mudah.
Coba lakukan hal ini 100x secara kontinyu, saya jamin anda akan berhasil tetapi saya ga menjamin uang di kantong anda tetap utuh bila bila mencobanya ke warnet. Good Luck!

author : Arif Heru S.

7 comments on “Cara download Video Clip di YouTube

  1. maaf bos,
    ada saran yang lebih praktis……..
    download aja menggunakan Internet Download Manager (IDM)
    karena begitu IDM sudah terinstall, otomatis keluar pilihan download this video di youtube yg kita buka, ga perlu nunggu videonya kebuka semua< langsung download aja…….

Berikan Balasan

