Pembahasan tentang file berekstensi “DJVU”

2c4fe94b4ee9

Sejarah tentang “DjVu” dimulai di tahun 1996. Pada saat itu,  Perusahaan AT&T telah memulai membuat format baru bagi teknologi penyimpanan dan scanning dokumen. DjVu merupakan teknologi kompresi format file dan sebuah platform software untuk pengiriman dokumen digital, dokumen yg discan, dan citra resolusi tinggi via Web.

Keuntungan utama dengan format “DjVu” adalah ukuran yang sangat kecil.  Dengan format “DjVu” ini sebuah majalah berwarna dapat disimpan dalam file yang berkuruan tidak lebih dari 70 KB dan jika dengan format hitam putih, tidak akan melebihi 40 KB.  Format file ini lebih suitable untuk publikasi dokumen.

Tipikal ukuran file DjVu adalah sebagai berikut:

  • dokumen2 yg “bitonal scanned”: 5 – 30KB tiap halaman pada 300dpi (3 – 10 kali lebih kecil drpd PDF atau TIFF)

  • dokumen2 yg “color scanned”: 30 – 100KB tiap halaman pada 300dpi (5 – 10 kali lebih kecil drpd JPEG).

  • Foto: 2 kali lebih kecil drpd JPEG dengan kebutuhan memori yang kecil

Bagi anda yang sering melakukan “searching” e-book, novel, ataupun artikel mengenai bidang tertentu dengan google search engine ataupun web penyedia file2 tersebut (4shared.com, sribd.com, pdf-search-engine.com, ziddu.com) pasti tidaklah asing lagi dengan file berekstensi .pdf, .doc, .xls, .txt, .odt, .ppt, dan .tiff. Dan setelah berhasil mendownload file tersebut sudah bisa langsung membaca/melihatnya, tapi untuk membuka file yang satu ini (DJVU) anda sepertinya harus sedikit berusaha. Kenapa demikian? Jawabannya adalah anda perlu mengisntall suatu program aplikasi seperti “STDU Viewer” yang bisa didownload gratis. Silahkan Klik di sini !

Adapun manfaatnya yaitu selain dapat membaca file berekstensi .djvu, program ini juga dapat membaca berekstensi .tiff (Tagged Image File Format), .pdf (Portable Document Format) dan .txt (Text File Format). Selain itu, program ini dapat digunakan untuk mengkonversi file .djvu dan .tiff menjadi file .pdf. Silahkan mencoba dan ini saya akan memberikan sebuah contoh buku yang berekstensi .djvu : Haroon Yahya – Jesus return dan Harun Yahya – For Kids – Stories For Thinking Children I.

5 comments on “Pembahasan tentang file berekstensi “DJVU”

  1. bisa ga kalo kita mau konvert dari pdf ke djvu? gamana caranya? bls di email ya????

  2. saya rasa belum ada ki, nanti senadainya sudah saya dapatkan akan saya tulis di artikel saya. Setau saya baru HP dengan OS symbian yang ada aplikasi utk DJVU reader.

  3. Saya pernah coba install djvu di Nokia E63 saya tapi selalu tidak bisa.
    Kira-kira file djvu yang mana yang cocok untuk HP saya tersebut.
    Maklum biar bisa baca e-book Api Di Bukit Menoreh pake HP yang bisa anda dapatkan di http://www.adbmcadangan. wordpress.com

  4. Setau saya belum ada DJVU reader untuk Nokia E63, tp anda jangan kecewa karena Nokia E63 memiliki PDF reader. Nah, coba silahkan baca diartikel saya mengenai cara mengubah file DJVU menjadi PDF, dengan begitu anda bisa membaca novel tersebut di HP anda. Silahkan mencoba…Thks

Tinggalkan Balasan

