Mengenang Karya Penulis Legendaris Kahlil Gibran

kahlil gibran

Karena kecintaanku terhadap karya sastra, saya mencoba mencari dan menelusuri lorong di situs. Alhasil, keinginan tersebut terkabulkan dan kali ini saya mencoba menceritakan sepenggal kisah mengenai biografi dan karya seorang penulis tersohor yaitu Kahlil Gibran. Kahlil Gibran lahir pada tanggal 6 Januari 1883 di Beshari, Lebanon. Beshari sendiri merupakan daerah yang kerap disinggahi badai, gempa serta petir. Tak heran bila sejak kecil, mata Gibran sudah terbiasa menangkap fenomena-fenomena alam tersebut. Inilah yang nantinya banyak mempengaruhi tulisan-tulisannya tentang alam.

Pada usia 10 tahun, bersama ibu dan kedua adik perempuannya, Gibran pindah ke Boston, Amerika Serikat. Tak heran bila kemudian Gibran kecil mengalami kejutan budaya, seperti yang banyak dialami oleh para imigran lain yang berhamburan datang ke Amerika Serikat pada akhir abad ke-19. Keceriaan Gibran di bangku sekolah umum di Boston, diisi dengan masa akulturasinya maka bahasa dan gayanya dibentuk oleh corak kehidupan Amerika. Namun, proses Amerikanisasi Gibran hanya berlangsung selama tiga tahun karena setelah itu dia kembali ke Bairut, di mana dia belajar di Madrasah Al-Hikmat (School of Wisdom) sejak tahun 1898 sampai 1901.

Selama awal masa remaja, visinya tentang tanah kelahiran dan masa depannya mulai terbentuk. Tirani kerajaan Ottoman, sifat munafik organisasi gereja, dan peran kaum wanita Asia Barat yang sekadar sebagai pengabdi, mengilhami cara pandangnya yang kemudian dituangkan ke dalam karya-karyanya yang berbahasa Arab.

Gibran meninggalkan tanah airnya lagi saat ia berusia 19 tahun, namun ingatannya tak pernah bisa lepas dari Lebanon. Lebanon sudah menjadi inspirasinya. Di Boston dia menulis tentang negerinya itu untuk mengekspresikan dirinya. Ini yang kemudian justru memberinya kebebasan untuk menggabungkan 2 pengalaman budayanya yang berbeda menjadi satu.

Gibran menulis drama pertamanya di Paris dari tahun 1901 hingga 1902. Tatkala itu usianya menginjak 20 tahun. Karya pertamanya, “Spirits Rebellious” ditulis di Boston dan diterbitkan di New York, yang berisi empat cerita kontemporer sebagai sindiran keras yang meyerang orang-orang korup yang dilihatnya. Akibatnya, Gibran menerima hukuman berupa pengucilan dari gereja Maronite. Akan tetapi, sindiran-sindiran Gibran itu tiba-tiba dianggap sebagai harapan dan suara pembebasan bagi kaum tertindas di Asia Barat.

Di bawah ini merupakan beberapa karya Kahlil Gibran, silahkan di download  :

1. The Prophet I (182,92KB) | Download

2. The Prophet II (595,971B) | Download

3. The Wanderer (119,35KB) | Download

4. Puisi Karya Karya Kahlil Gibran (294,84) | Download

5. Pesan Emas Gibran (429,74) | Download

author : Arif Heru S.

Iklan

2 comments on “Mengenang Karya Penulis Legendaris Kahlil Gibran

  1. info yg menarik.
    aku punya banyak buku karya gibran, tapi malah tumpang tindih isinya antara cetakan satu dengan yang lainnya. yg justru mengaburkan urutan karya aslinya.
    sebelum donlot, mo tanya itu pake bahasa apa ya, soale sekarang ga bisa donlot karena masalah proxy kantor.
    tks a lot. bookmark sik ah…

  2. untuk pak noe, karya kahlil gibran yang ada di sini semuanya versi Inggrisnya dan berformat pdf. Kecuali pesan emas Gibran itu merupakan aplikasi flash versi Indonesia. Thks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s