Cara Mudah Mengkonversi Aksara Latin ke Aksara Hanacaraka Dengan Software Carakan v.1.0.1

carakan

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang terdiri dari suku, agama dan budaya yang beraneka ragam. Namun dengan adanya keanekaragaman tersebut, dapat dipersatukan dengan semboyan yang digenggam kaki burung Garuda Pancasila yaitu kalimat “Bhineka Tunggal Ika” yang memiliki pengertian berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Suku di Indonesia antara lain : suku jawa, suku dayak, suku ambon, suku papua, suku padang, suku batak, suku madura, suku bugis, suku betawi dan lain sebagainya. Dari sekian banyak suku yang ada tersebut, mereka memiliki bahasa yang berbeda-beda pula. Dalam artikel ini saya sekedar ingin membahas sebuah pertanyaan dari pengunjung blog ini yang bertanya mengenai software yang bisa digunakan untuk menulis tulisan jawa kuno alias HANACARAKA. Alhamdulillah saya sudah menemukan jawaban tersebut. Dengan software ini, Insyaallah dapat membantu anda dalam mengkonversi aksara latin ke aksara jawa dan aksara jawa ke aksara latin. Software ini bernama Carakan, dibuat oleh Bayu Kusumo Purwanto.

Software Carakan v.1.0.1 memberi kemudahan bagi penggunanya, dalam kesempatan ini saya juga akan memberitahukan cara dalam penggunaannya. Sebelumnya lakukanlah instalasi software tersebut ke komputer anda setelah itu, ikutilah langka-langkah berikut :

1. Klik Start Menu pada taskbar > All Programs > Carakan > Carakan Icon (lihat gambar 1)

Lunch CarakanGambar 1

2. Untuk mulai mengkonversi aksara latin ke akasara jawa, caranya klik File Menu > pilih “Latin > Hanacaraka” atau dengan menekan CTRL+N pada tombol keyboard (lihat gambar 2)

Menu File 1Gambar 2

3. Maka akan muncul lemabaran dokumen baru (lihat gambar 3)

new dokumen windows 1Gambar 3

4. Untuk memulainya ketiklah kalimat “Saya Belajar” > klik icon “konversi dokumen secara otomatis”, lalu tekan     ENTER   > dan hasil konversi akan terlihat  (lihat gambar 4)

new dokumen windows 2Gambar 4

5. Apabila anda hendak mengkonversi aksara jawa ke aksara latin cara sedikit berbeda, yaitu klik File Menu > pilih “Hanacaraka > Latin” atau dengan menekan SHIFT+CTRL+N pada tombol keyboard (lihat gambar 5)

Menu File 2Gambar 5

6. Maka akan muncul lemabaran dokumen baru, untuk memulainya ketiklah aksara jawa yang anda ketahui dengan cara menekan icon “Daftar Aksara Jawa Hanacaraka” atau dengan menekan F3 pada tombol keyboard (lihat gambar 6)

icon hanacaraka browser

Gambar 6

7. Setelah itu muncul jendela HANACARAKA Browser (lihat gambar 7)

Hanacaraka BrowserGambar 7

8. Untuk penulisan aksara jawa silahkan anda melihat pada manuscript kitab jawa kuno, trus terang saya sendiri belum mengerti…hehehe (*_^). Mungkin saya akan kursus aksara jawa dulu biar bisa meralat artikel ini. Eits…tapi jangan kuatir ada contoh yang berada pada library software ini, cara menampilkanya yaitu klik icon atau dengan menekan CTRL+O pada tombol keyboard (lihat gambar 8)

buka dokumenGambar 8

9. Akan muncul jendela “Pilih dokumen yang anda kehendaki…” > pilih sejarah.h2l > tekan “Buka” atau atau dengan menekan ENTER pada tombol keyboard (lihat gambar 9)

pili dokumenGambar 9

10. Aksara jawa akan terlihat tanpa aksara latinnya, untuk menampilkannnya klik icon “konversi dokumen secara otomatis”, lalu tekan ENTER > dan hasil konversi akan terlihat (lihat gambar 10)

cth aksara jawaGambar 11

11. Untuk selanjutnya silahkan “Lanjutkan” sendiri dan praktekkan, lalu ajarakan untuk generasi muda yang lain.

Demikian tutorial ini saya buat untuk menambah wawasan bagi kita semua dan demi melestarikan bahasa daerah. Bila yang belum punya monggo didownload programnya di bawah ini.

Download | Carakan v.1.0.1 (1,99 MB)

author : Arif Heru S.

Iklan

3 comments on “Cara Mudah Mengkonversi Aksara Latin ke Aksara Hanacaraka Dengan Software Carakan v.1.0.1

  1. matur sembah nuwun saged nguri-uri kabudayan jawi, dipun lajengaken. nuwun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s