Digital Book “Sepak Terjang Hui Sing Murid Perempuan Cheng Ho”

cheng ho

Membaca bagi sebagian orang adalah hal yang menyenangkan, hal tersebut bisa saja dikarenakan hobby atau kegemaran. Pada umumnya orang membaca komik, cerita pendek, cerita sejarah atau novel dari buku yang dibeli di toko atau meminjam dari perpustakaan. Tapi kali ini saya ingin sharing sebuah buku mengenai “Sepak Terjang Hui Sing Murid Perempuan Cheng Ho” yang berupa e-book digital. Karya ini ditulis oleh Tasaro yang merupakan penulis muda dan berdialog dengan sejarah.

Pra cerita, Cheng Ho adalah seorang kasim Muslim yang menjadi Kaisar Yongle dari Tiongkok (berkuasa 1403-1424),
kaisar ketiga dari Dinasti Ming. Nama aslinya adalah Ma He, juga dikenal dengan sebutan Ma Sanbao, berasal dari Provinsi Yunan. Ketika pasulan Ming menaklukkan Yunan, Cheng Ho ditangkap yang kemudian dijadikan kasim. Dia bersuku Hui, suku bangsa yang secara fisik mirip dengan suku Han, tetapi beragama Islam.

Pada tahun 1424, Kaisar Yongle wafat. Penggantinya, Kaisar Hongxi (berkuasa 1424-1425), memutuskan untuk mengurangi pegaruh kasim di lingkungan kerajaan. Cheng Ho melakukan ekspedisi lagi pada masa kekuasaan Kaisar Xuande. Cheng Ho memimpikan tujuh ekspedisi ke Samudra Barat (Samudra Indonesia). Dia membawa banyak hadiah dan lebih dari 30 utusan kerajaan ke Cina. Catatan perjalanan Cheng Ho pada dua pelayaran terakhir, yang diyakini sebagai pelayaran  terjauh, dihancurkan oleh kaisar Dinasti Ming. (sumber Wikipedia).

Untuk lebih lanjutnnya silahkan anda membaca cerita ini, untuk mengisi kekosongan waktu luang anda.

Download (2,24MB)

author : Arif  Heru S.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s