SMS Gratis Pake Yahoo Messenger, Knapa Ngga ?

Yahoo Messenger

Hal ini terinspirasi dari sebuah pesan SMS yang masuk dari sahabat baikku Anggit Prihatnolo. Dalam SMS tersebut, dia ngajak chatting bareng teman-teman lama (SMP). Awalnya agak bingung SMS tersebut berasal dari 9467xx, setelah dibuka dan dibaca ternyata pesan tersebut datangnya dari pengguna YM. Kebanyakan anak muda di Indonesia banyak yang memanfaatkan Yahoo Messenger sebagai media komunikasi karena dengan tampilan yang sederhana dan sangat user friendly tentunya.

Fitur apa saja yang ada di YM ? Berikut beberapa fitur Komunikasi yang disediakan :

1. Pesan Instan: Kirim pesan teks secara real-time ke teman-teman Anda di Yahoo! atau Windows Live™ Messenger.

2. SMS (Pesan Teks): Kirim pesan teks dari Messenger ke ponsel teman Anda secara gratis.

3. Ber-YM dengan Banyak Teman yang ada di Jaringan Lain: Ber-YM dengan teman yang menggunakan Windows Live™ Messenger, Reuters Messaging, dan Lotus Sametime — langsung dari Yahoo! Messenger.

4. Ber-YM dalam Konferensi: Ber-YM dengan banyak teman sekaligus di dalam satu ruang konferensi (menyertakan fitur Suara, jika tersedia).

5. Berbagi Foto: Saling berbagi foto dari desktop Anda atau Flickr dengan teman melalui YM sambil diskusi mengenai foto tersebut.

6. Panggilan PC-ke-PC: Lakukan panggilan suara ke pengguna Yahoo! Messenger lainnya secara gratis (perlu mikrofon dan speaker/headset).

7. Webcam: Hubungkan webcam Anda ke komputer dan berbagi video secara live dengan semua teman di Yahoo! Messenger.

Tapi yang akan saya bahas kali ini mengenai mengirim pesan teks SMS dari Yahoo Messenger ke ponsel teman Anda secara gratis. Berikut ini langkah-langkahnya :

1. Buka aplikasi Yahoo Messenger, lalu cobalah login. Bagi yang belum terdaftar mohon registrasi terlebih dahulu, agar mendapat ID Yahoo dan Password untuk bisa login.

YM01

Tampilan saat akan login

ym02

Tampilan setelah login

2. Setelah anda berhasil login, klik Action > Send as SMS Message. Lihat gambar di bawah.

ym03

Fasilitas SMS Gratis

3. Saat muncul Send as SMS Message box, Pilih Other Contact > isi / ketikan nomor ponsel teman anda disrtai kode negara pada kolom yang telah tersedia. Ingat tidak semua nomor bisa dikirimi SMS tersebut apalagi nomor rumah…hehehe

ym04

memasukkan nomor ponsel teman yang akan dikirimi SMS

5. Langkah terakhir adalah perhatikan jika nomor tersebut bisa teridentifikasi oleh YM maka tulisan akan muncul tulisan “+62812xxxxxx  will receive your message on a mobile device”, jika tidak dapat teridentifikasi akan muncul tulisan “Yahoo! Messenger cannot send SMS message to this mobile number”. Sebelumnya tulis terlebih dahulu pesan yang anda sampaikan lalu tekan tombol SEND. Lihat gambar di bawah.

ym05

Proses pengiriman pesan SMS

Klo anda sedang berada di warnet atau online di kantor, namun pulsa anda sedang menipis apa salahnya nyoba fasilitas yang disediakan Yahoo Messenger. Lebih simple gratis pula, enak toh…gratis toh…huehehehe 🙂

Bagi yang kepengen silahkan mencoba, bagi yang sudah tau mohon temannya yang belum tau diajarin dong biar ga gaptek. Tiada kata terlambat sebelum mencoba.

Author : Arif Heru S.

Iklan

3 comments on “SMS Gratis Pake Yahoo Messenger, Knapa Ngga ?

  1. betul skali bang, biar orang kita ga ketinggalan jaman spt saya…hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s