Cara Menyeting Emulator Kawaks untuk Bermain Koleksi Game Neo Geo

Seperti yang telah saya janjikan kepada anda pada artikel sebelumnya yaitu “Berburu Game PC Lawas Neo Geo”. Dalam artikel ini saya akan menjelaskan beberapa hal mengenai cara untuk memainkan game tersebut. Ada dua pilihan untuk memainkan
game ini :

1. Dengan menggunakan keyboard.
Apabila anda tidak memiliki gamepad atau joystick, maka ikutilah instruksi-instruksi berikut :

A. Setelah anda berhasil mendownload file game neo geo, buatlah sebuah folder pada direktori yang anda inginkan  cth : “E:\Download\Games\Emulator\Games” dan kemudian ekstraklah file game tersebut. (lihat gambar  1)

B. Cek terlebih dahulu, apakah pada folder “roms” sudah terdapat game 3 subfolder yaitu cps1, cps2 dan neogeo. Serta lihat pada subfolder “neogeo” akan berisi “namagame.zip” (game yang ingin anda mainkan) dan “neogeo.zip”. (lihat gambar 1)

C. Kemudian Jalankan aplikasi “kawaks.exe” (lihat gambar 1)

Gambar 1

D. Pada menu “File”, pilih “Load game” atau tekan Alt+L pada keyboard. Klik “Only Available” > “Show NeoGeo Games” > “Rescan all” > “Select Game” > OK

Gambar 2

E. Pada menu “Game”, pilih “NeoGeo settings…” dan pastikan Arcade dan Europe telah tercentang. (lihat gambar 2)

Gambar 3

F. Untuk mengatur fungsi keyboard pilih “Redefine Keys…”. Aturlah sesuai keinginan untuk player 1 dan 2. (lihat gambar 4)

Gambar 4

G. Kembali lagi Pada menu “File”, pilih “Start/pause emulation” atau tekan “Enter” pada keyboard. (lihat gambar 5)

Gambar 5

H. Ketika game sudah loading gunakan key (tombol keyboard) sesuai dengan pengaturan yag sebelumnya anda buat pada Redefine Keys player 1 dan 2.

2. Dengan Gamepad atau Joystick.
Apabila anda kebetulan telah memiliki gamepad atau joystick, maka ikutilah instruksi-instruksi berikut :

A. Hubungkan gamepad atau joystick pada USB port anda, jangan lupa untuk menginstal drivernya.
B. Untuk mengetes apakah gamepad atau joystick itu berfungsi dengan baik, Klik pada “Control Panel” dan pilih “Game Controllers” (klik 2 kali). (lihat gambar 6)

Gambar 6

Akan muncul jendela “Game Controllers” dan pada kolom controllers terdapat status koneksi gamepad atau joystick (jika ada tulisan OK, berarti bagus). Untuk lebih meyakinkan anda pilih salah satu gamepad atau joystick pada kolom controllers, lalu klik “properties”. Hal yang perlu diperhatikan yaitu :
– tekan tombol panah atas, bawah, kiri dan kanan pada gamepad atau joystick dan lihat perubahan yang terjadi pada kotak “Axes” jika indikasi gerakannya
sesuai dengan yang anda tekan berarti tidak ada masalah.
– begitupun dengan tombol yang lain, seperti : select, start, A,B,C,D, L1,L2,L3 da L4, jika anda tekan indikasi angka 1-10 akan menyala secara berurutan.
– lakukan hal yang sama pada gamepad atau joystick untuk player2. (lihat gambar 7)

Gambar 7

C. Setelah anda berhasil mendownload file game neo geo, buatlah sebuah folder pada direktori yang anda inginkan, cth : “E:\Download\Games\Emulator\Games” dan kemudian ekstraklah file game tersebut. (lihat gambar 1)
D. Cek terlebih dahulu, apakah pada folder “roms” sudah terdapat game 3 subfolder yaitu cps1, cps2 dan neogeo. Serta lihat pada subfolder “neogeo” akan berisi “namagame.zip” (game yang ingin anda mainkan) dan “neogeo.zip”. (lihat gambar 1)
E. Kemudian Jalankan aplikasi “kawaks.exe” (lihat gambar 1)
F. Pada menu “File”, pilih “Load game” atau tekan Alt+L pada keyboard. Klik “Only Available” > “Show NeoGeo Games” > “Rescan all” > “Select Game” > OK (lihat gambar 2)
G. Pada menu “Game”, pilih “NeoGeo settings…” dan pastikan Consol dan Europe telah tercentang (/). (lihat gambar 3)
H. Untuk mengatur fungsi gamepad atau joystick pilih “Redefine Keys…”. Aturlah sesuai keinginan untuk player 1 dan 2. (lihat gambar 8)

I. Kembali lagi Pada menu “File”, pilih “Start/pause emulation” atau tekan “Enter” pada keyboard. (lihat gambar 5)
J. Ketika game sudah loading gunakan key (tombol keyboard) sesuai dengan pengaturan yag sebelumnya anda buat pada Redefine Keys player 1 dan 2.

Demikian yang bisa saya tulis untuk saat ini, bila ada menemukan kesukaran dalam mempraktekkannya jangan bagi-bagi ya. Tapi klo senang bolehlah anda berkunjung ke blog ini lagi.

Author : Arif Heru S.

Iklan

21 comments on “Cara Menyeting Emulator Kawaks untuk Bermain Koleksi Game Neo Geo

  1. makasi bro, infonya, btw kalo mau main jadi full screen gmana ya caranya?

  2. bro kalau saya romsnya gak keluar rescannya huh jangan dibilang lewat 100 kali masih gak ada gimana ya tolongin donk…….!!!!!!!!!

  3. coba baca di helpnya bang, setau saya bisa di full screen tapi lupa karena saya sudah jarang main lagi

  4. bro, anda harus download romsnya dulu nanti diekstrak difolder roms. downloadnya gratis coba baca di artikel saya yang sebelum ini. oke

  5. @ thamson : habis anda download harus diekstrak dulu
    @ mayadi : anda bisa download di sini tinggal pencet di http://romhustler.net/roms/neogeo/a di sana banyak pilihan dari A-Z, ingat habis di download tolong di ekstrak filenya. Baca dengan seksama panduan di atas.

  6. Mas bro kalau saya romsnya gak keluar rescannya gak ada gimana ya tolongin donk saya udah saya copy ke room nya????help me please..

  7. 1. Downolad dulu beberapa file game-nya di http://romhustler.net/roms/neogeo/
    2. Pastikan ekstraknya file gamenya ke folder roms. Tempat anda menginstal game kawaks
    3. ada menu “File”, pilih “Load game” atau tekan Alt+L pada keyboard. Klik “Only Available” > “Show NeoGeo Games” > “Rescan all” > “Select Game” > OK

  8. Udah saya ekstrak dan disimpan dalam folder roms, pas dijalanin malah keluar tulisan ini : Couldn’t find 030-p1.bin (d396c9cb) for game, ERROR…
    Solusinya gmn ? Terima kasih.

  9. Ping-balik: Cara Menyeting Komputer Danish's Story | Danish's Story

  10. Kl udah download, filenya taruh di folder roms dan JANGAN di ekstrak. Filenya jg jgn di rename. SDh sy coba & berhasil.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s