Cara Mudah Mengubah (Convert) File Xlsx to Xls via online

Saat ini, banyak diperkantoran yang sudah memakai aplikasi microsoft office 2007. Namun ada sebagian karyawan yang enggan menggunakan aplikasi tersebut dikarenakan mereka sudah familier dengan aplikasi Microsoft Office 2003 atau yang lainnya. Seperti yang kita ketahui ekstensi dari kedua aplikasi tentunya berbeda, kalau di excel 2003 berekstensi xls maka di excel 2007 akan menjadi xlxs.

Terkadang kita menemukan permasalahan tersebut dalam pekerjaan, bila ada rekan anda yang mengirimkan file excel 2007 berformat .xlsx maka anda akan kerepotan atau mungkin kesulitan karena dikomputer anda masih menggunakan program excel 2003. Namun kali ini kayaknya anda perlu mencoba salah satu cara cepat bila anda mengubah file tersebut secara online. Anda cukup berkunjung ke sebuah situs yang menyediakan jasa konversi gratis di  http://www.freefileconvert.com/. Kita tidak hanya dapat mengkonversi file dokumen, namun juga berbagai file audio dan video yang dapat anda lihat pada daftarnya.

Ikutilah langkah berikut :

1. ketik pada web browser www.freefileconvert.com

2. Pilih Menu Tab “Convert File” > kemudian klik “Pilih Berkas”

3. Upload berkas yang anda ingin ubah, pilih dari direktori atau folder tempat file tersebut tersimpan. Klik “Open” untuk melanjutkan

4. Setelah itu file anda akan muncul disebelah icon “Pilih Berkas”. Lanjutkan dengan memilih format yang akan dihasilkan (Select an Output Format). Dalam contoh ini saya hendak mengubah file xlsx ke xls. Tekan “Convert” untuk mulai mengubah.

5. Tunggu beberapa saat hingga proses convert selesai, lama waktu proses pengubahan file bergantung pada besar file yang anda upload.

6. Setelah file berhasil diubah akan tampil verifikasinya. Dan anda akan diberikan link untuk mendownload file hasil konversi tersebut. Klik kanan pada target File (yang ditulis denga huruf tebal), lalu klik kanan dan pilih “Save Target As” (lihat gambar)

Demikian tutorial dan langkah-langkah yang bisa anda coba. Mari kita praktekkan…ayo terus belajar. 😀

penulis : arif heru sanjaya

Iklan

6 comments on “Cara Mudah Mengubah (Convert) File Xlsx to Xls via online

  1. Thanks banget Gan… yeheeee
    ini gw bawa file di flashdisk…pas ganti kompi malah gak bisa buka…untung ada online convert ini….kerjaan gw bisa dikerjain sebagai PR dech jadinya wqwqwqwq

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s