Apa Yang Dimaksud Port Forwarding ?

Port forwarding atau pemetaan port adalah nama yang diberikan untuk teknik gabungan. Tujuannya memungkinkan port jaringan yang telah ditetapkan (asumsi protokol seperti TCP dan UDP, meskipun proses ini tidak terbatas) pada host dalam penyamaran NAT, biasanya jaringan pribadi, berdasarkan nomor port di mana ia diterima di gateway dari host asal. Port forwarding memungkinkan pengendalian komputer, misalnya dari Internet  untuk menghubungkan ke komputer tertentu atau kamera ip  dalam jaringan area lokal (LAN).
Ada beberapa konsep yang perlu anda ketahui sebelum dapat memahami port forwarding. Saya akan membuat memberi penjelasan yang hampir selalu benar. Untuk kesederhanaan mari kita asumsikan itu benar untuk saat ini.
1.) Setiap perangkat di internet memiliki minimal satu alamat ip. Alamat IP adalah sekumpulan angka yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai alamat ip anda saya sarankan kunjungi situs http://whatismyipaddress.com.
2.) Setiap Alamat IP terbagi menjadi banyak port. Ketika satu komputer mengirim data ke komputer lain, mengirimnya dari port di alamat ip ke port pada sebuah alamat ip. Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan baca artikelnya di http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_TCP_and_UDP_port_numbers
3.) Sebuah Port hanya dapat digunakan oleh satu program pada satu waktu.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s